- Menurut WHO adalah a list in which item is individually identified
- Menurut Huffman adalah A format of official recording of item, names or actions
- Menurut Depkes adalah Catatan tentang kegiatan RS / catatan tentang pelayanan yang diberikan
RS pada masyarakat
Jenis / Bentuk buku register yang seharusnya dipakai pada rumah sakit yaitu :
1. Buku Register Pendaftaran Pasien Rawat Jalan disebut Reg. 1
2. Buku Register Pelayanan Pasien Rawat Jalan disebut Reg. 2
3. Buku Register Pendaftaran Pasien Rawat Inap disebut Reg. 3
4. Buku Register Pelayanan Pasien Rawat Inap disebut Reg. 4
5. Buku Register Pembedahan disebut Reg. 5
6. Buku Register Persalinan dan Abortus disebut Reg. 6
7. Buku Register Tindakan / Pelayanan Diagnostik / Terapi disebut Reg. 7
8. Buku Register Penerimaan Spesimen Pasien disebut Reg. 8
9. Buku Register Kegiatan Pemeriksaan Laboratorium disebut Reg. 9
10. Buku Register Rujukan Dokter Ahli disebut Reg. 10
11. Buku Register Kunjungan Rumah disebut Reg. 11
1. Buku Register Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (Reg. 1)
a. Pengertian
Yaitu buku pencatatan yang dibuat TPPRJ bagi setiap pasien rawat jalan yang mendaftar melalui
TPPRJ
b. Tujuan
Untuk memperoleh informasi mengenai identitas pasien, jenis pengunjung, cara pembayaran
dari setiap pasien RJ yang mendaftar di tempat TPPRJ
c. Kegunaan
a) Untuk mengetahui jumlah pengunjung baru dan lama yang berobat jalan ke RS sebagai dasar
pembuatan laporan RL
b) Sebagai arsip TPPRJ yang harus disimpan pada unit rekam medis di RS
d. Tanggung jawab pelaksanaan
a) Kepala TPPRJ bertanggung jawab atas kegiatan pengisisna Buku Register pendaftaran pasien
RJ
b) Petugas yang ditunjuk oleh kepala TPPRJ melaksanakan pengisian buku register sesuai
dengan petunjuk yang telah ditetapkan
c) Buku register disediakan oleh Mekam Medis Rumah Sakit
e. Mekanisme pengisian
a) Buku register ini diisi pada saat pasien mendaftar di TPPRJ untuk seiap kunjungan rawat jalan
b) Untuk pelayanan gawat darurat pengisian buku register dilaksanakan setiap saat dalam waktu
24 jam secara terus menerus
c) Buku register diisi sebelum pasien diperiksa pada poliklinik yang dituju
d) Buku register harus diisi lengkap dan jelas sesuai dengan format yang telah tersedia
Format Register Pendaftaran Pasien Rawat Jalan
2. Buku Register Pelayanan Pasien Rawat Jalan (Reg. 2)
a. Pengertian
Buku pencacatan yang dibuat pada unit rawat jalan (poliklinik) masing - masing UPF bagi setiap
pasien rawat jalan yang dilayani, termasuk pasien yang dilayani pada UGD. Buku register ini
tidak mencatat semua pelayanan yang diberikan di URJ / Poliklinik. Pencatatan kegiatan
pelayanan, tindakan, diagnostik dan terapi dilakukan dalam buku register tindakan, pelayanan,
diagnostik dan terapi Reg. 7
b. Tujuan
Untuk memperoleh informasi mengenai identitas pasien, cara kunjungan asal pasien, keadaan
pasien, cara pembayaran dari setiap pasien rawat jalan yang dilayani di masing - masing UPF
c. Kegunaan
a) Untuk mengetahui beban kerja URJ masing - masing UPF termasuk UGD
b) Untuk mengetahui kunjungan baru dan jumlah kunjungan masing - masing poliklinik dan
merupakan data dasar pembuatan laporan kegiatan URJ
c) Untuk mengetahui cara pembayaran pasien rawat jalan dan sebagai dasar pembuatan laporan
tingkat pemanfaatan RS oleh masyarakat
d) Sebagai arsip URJ / Poliklinik yang harus selalu disimpan di setiap URJ / Poliklinik
d. Tanggung jawab pelaksanaan
a) Perawat kepala pada asing - masing poliklinik bertanggung jawab dalam pengisian buku
register pasien RJ
b) Perawat / bidan yang ditunjuk oleh perawat kepala poliklinik melaksanakan pengisian buku
register sesuai petunjuk yang telah ditetapkan
c) Buku register disediakan oleh bidang perawatan sesuai dengan format yang telah ditetapkan
e. Mekanisme pengisian
a) Buku register ini diisi pada saat pasien datang di poliklinik untuk pemeriksaan
b) Pada UGD pencatatan dilakukan selama 24 jam secara terus menerus
c) Buku register harus diisi sesuai dengan format yang telah ditetapkan
Format Register Pelayanan Pasien Rawat Jalan
3. Buku Register Pendaftaran Pasien Rawat Inap (Reg. 3)
a. Pengertian
Yaitu Buku pencatatan yang dibuat pada tempat pendaftaran pasien rawat inap (TPPRI) untuk
setiap pasien yang masuk ke rawat inap melalui TPPRI
b. Tujuan
Untuk memperoleh informasi semua pasien yang dirawat (masuk-keluar ke RS) sehingga
informasi dari pasien yang bersangkutan dapat brmanfaat untuk RS maupun pasien
c. Kegunaan
a) Catatan untuk memonitor pasien masuk perpindahan intern RS, pasien pulang yang dirinci
sesuai dengan jenis pelayanan yang ada / sesuai kebutuhan
b) Untuk mengetahui TT yang terisi dan belum terisi di setiap ruangan rawat inap agar
memudahkan penempatan pasien yang akan dirawat
c) Untuk mengetahui TT / ruangan seorang pasien dirawat (apakah pasien masih dirawat atau
sudah pulang)
d) Untuk daa dasar jumlah pasien yang ada di ruangan yang perlu dicatat dan dilaporkan setiap
hari ke Unit RM serta alat untuk mengecek silang dengan sensus harian yang dibuat ruang
Rawat Inap
d. Tanggung Jawab Pelaksanaan
a) Petugas TPPRI (staf RM) bertanggung jawab dalam pengisian buku register TPPRI
b) Buku register disediakan oleh Unit RM
e. Mekanisme pengisian
a) Diisi pada saat mendaftar di TPPRI untuk RI
b) Pencatatan dilakukan pada setiap pasien mendaftar dalam waktu 24 jam secara terus menerus
c) Buku register diisi sebelum pasien dikirim ke Ruang Rawat Inap
d) Buku register harus diisi dengan lengkap dan jelas sesua dengan format yang tersedia
Format Register Pendaftaran Pasien Rawat Inap (kiri)
Format Register Pendaftaran Pasien Rawat Inap (kanan)
4. Buku Register Pelayanan Pasien Rawat Inap (Reg. 4)
a. Pengertian
Yaitu buku pencatatan tentang data semua pasien yang dirawat pada suatu ruang rawat
b. Tujuan
Untuk memperoleh informasi semua pasien yang dirawat (masuk-keluar ke RS) agar mudah
dilihat dan digunakan pada setiap saat diperlukan
c. Kegunaan
a) Sebagai informasi tentang jumlah pasien yang masuk dan keluar setiap hari
b) Sebagai informasi untuk mengetahui beban ruang rawat inap
c) Sebagai arsip ruang rawat inap yang harus selalu disimpan pada ruang rawat inap yang
bersangkutan
d. Tanggung jawab pelaksanaan
a) Kepala perawat masing - masing Ruang Rawat Inap bertanggung jawab dalam pengisian
Buku register
b) Perawat / bidan yang memutasikan pasien atau petugas yang ditunjuk untuk melaksanakan
pengisian buku register sesuai petunjuk yang telah ditetapkan
c) Buku register disediakan oleh Bidang Perawatan sesuai dengan format yang ditetapkan
e. Mekanisme pengisian
a) Pencatatan dilakuakn dalam waktu 24 jam secara terus menerus
b) Perawat / bidan yang bertugas pagi, sore maupun malam segera mengisi buku register begitu
pasien masuk dan setelah pasien keluar dari ruang rawat inap
c) Buku register harus diisi dengan lengkap dan jelas sesuai dengan format yang tersedia
5. Buku Register Pembedahan (Reg.5)
a. Pengertian
Yaitu buku pencatatan tentang data semua pasien yang mendapatkan tindakan pembedahan yang
dilakukan di Unit Bedah Sentral
b. Tujuan
Untuk memperoleh informasi semua tindakan pembedahan yang dilakukan di Unit Bedah
Central dan UGD rawat inap maupun pasien langsung datang untuk tindakan pembedahan
c. Kegunaan
a) Untuk mengetahui jumlah dan jenis kegiatan pembedahan yang dilakukan setiap hari
b) Sebagai data dasar untuk pengisian laporan pembedahan pada RL 1 yang dirinci menurut
spesialis, golongan operasi
c) Sebagai data dasar untuk pengisian laporan anesthesi pada RL 1 menurut jenis anesthesi
d) Sebagai catatan yang selalu ada di ruang tindakan pembedahan
d. Tanggung jawab pelaksaan
a) Perawat kepala ruang tindakan pembedahan bertanggung jawab dalam pengisian buku register
pembedahan
b) Perawat yang ditunjuk perawat kepala melaksanakan pengisian buku register sesuai dengan
petunjuk yang telah ditetapkan
c) Buku register disediakan oleh bidang perawatan RS
e. Mekanisme
a) Buku Reg. Pembedahan diisi pada saat pasien datang ke ruang tindakan pembedahan
b) Kolom I s/d 9 dan 20 s/d 23 diisi sebelum tindakan pembedahan yang bersangkutan
c) Buku Reg. diisi lengkap dan jelas sesuai dengan format yang tersedia
Format Register Pembedahan
6. Buku Register Persalinan dan Abortus (Reg. 6)
a. Pengertian
Yaitu buku pencatatan tentang data semua pasien dengan kasus persalinan dan abortus
b. Tujuan
Untuk memperoleh informasi semua pasien dengan kasus persalinan dan abortus yang
bermanfaat bagi RS maupun pasien
c. Kegunaan
a) Untuk mengetahui jumlah dan jenis kegiatan yang dilakukan di ruang persalinan / abortus
b) Sebagai data dasar pembuatan laporan ke Depkes untuk kegiatan persalinan (termasuk
abortus)
c) Sebagai catatan yang selalu berada di tempat persalinan dan dipakai selama 24 jam
d. Tanggung jawab pelaksanaan
a) Perawat kepala ruang persalinan bertanggung jawab dalam pengisian buku register
pembedahan
b) Perawat yang ditunjuk perawat kepala melaksanakan pengisian buku register sesuai dengan
petunjuk yang telah ditetapkan
c) Buku regster disediakan oleh Bidang Perawatan RS
e. Mekanisme pengisian
a) Buku reg. diisi pada saat pasien datang di ruang persalinan
b) Pencatatan dilakukan selama 24 jam secara terus menerus
c) Kolom 1 s/d 12 diisi sebelum pasien diberikan tindakan, sedangkan kolom 13 s/d 28 diisi
setelah pertolongan persalinan / abortus dilakukan
d) Untuk pertolongan persalinan / abortus dengan tindakan pembedahan, harus dicatat juga pada
buku reg. pembedahan
e) Buku reg. diisi lengkap dan jelas sesuai dengan format yang tersedia
7. Buku Register Tindakan / Pelayanan Diagnostik / Terapi (Reg. 7)
a. Pengertian
a) Buku reg. Tindakan / Pelayanan Diagnostik / Terapi yaitu buku yang dibuat pada unit - unit
yang melakukan tindakan / pelayanan diagnostik dan terapi
b) Buku reg. Tindakan ini dipakai pada unit rawat jalan, radiologi, rehabilitasi medik dan
sebagainya.
c) Jumlah kolom yang diisi sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan unit yang bersangkutan
b. Kegunaan
a) Untuk mengetahui jumlah semua kegiatan tindakan pelayanan pada masing - masing unit baik
yang melalui unit rawat jalan, unit rawat inap maupun yang datang langsung. Contoh : di URJ
terdapat beberapa jenis tindakan seperti ECG, Echo Cardiography, Holter, Pace maker,
Phonokardiography, treadmill dsb.
b) Untuk mengetahui jumlah kegiatan pelayanan / terapi / diagnostik RS merupakan data dasar
untuk pembuatan Laporan RL 1
c) Sebagai arsip yang selalu disimpan pada masing - masing unit yang melakukan tindakan /
pelayanan diagnostik / terapi
c. Tanggung jawab pelaksanaan
a) Kepala Ruag Tindakan pada masing -masing unit bertanguung jawab dalam pengisian buku
register
b) Petugas yang ditunjuk oleh kepala ruang tindakan melaksanakan pengisian buku reg. sesuai
petunjuk yang telah ditetapkan
c) Buku reg. disediakan oleh Bidang Perawatan sesuai format yang telah ditentukan
d. Mekanisme pengisian
a) Buku reg. diisi pada saat tindakan dilakukan pada pasien
b) Untuk kolom 1 s/d 11 diisi sebelum dilakukan tindakan sedangkan kolom 12 s/d 19 diisi
sesudah dilakukan tindakan
c) Buku reg. ini harus diisi dengan lengkap dan jelas sesuai dengan formulir tersedia
8. Buku Register Penerimaan Spesimen Pasien (Reg. 8)
a. Pengertian
Yaitu buku pencatatan tentang data semua penerimaan spesimen yang dilakukan di unit /
instalasi laboratorium dan unit - unit yang memberikan pelayanan laboratorium.
b. Tujuan
Untuk memperoleh informasi semua pemeriksaan laboratorium baik untuk pasien rawat jalan,
rawat inap maupun pasien yang langsung datang untuk pemeriksaan lab.
c. Kegunaan
a) Untuk mengetahui jumlah kunjungan dan jenis spesimen yang diperiksa
b) Sebagai data dasar untuk pengisian tingkat peanfaatan RS pada form RL 1
c) Sebagai catatan yang selalu ada di tempat penerimaan spesimen pasien
d. Tanggung jawab pelaksanaan
a) Kepala unit penerimaan spesimen pasien bertanggung jawab dalam pengisian buku register
b) Tenaga yang bertugas pada tempat penerimaan spesimen pasien melaksanakan pengisian
buku reg.
c) Buku register penerimaan spesimen pasien disediakan oleh Bid. Perawatan RS sesuai dengan
format yang ditetapkan
e. Mekanisme pengisian
a) Buku reg. ini diisi ada saa spesimen diterima di tempat penerimaan spesimen
b) Semua kolom diisi pada saat spesimen diterima
c) Buku reg. ini harus diisi dengan lengkap dan jelas sesuai dengan formulir yang tersedia
Format Register Penerimaan Spesimen
9. Buku Register Kegiatan Pemeriksaan Laboratorium (Reg. 9)
a. Pengertian
Yaitu pencatatan tentang data pemeriksaan yang dilakukan pada unit instalasi lab. dan unit lain
yang melakukan pemeriksaan lab.
b. Tujuan
Untuk memperoleh informasi semua kegiatan pemeriksaan yang dilakukan pada masing -
masing tempat yang melakukan pemeriksaan lab.
c. Kegunaan
a) Untuk mennghitung jumlah semua kegiatan pemeriksaan lab. berdasarkan jenisnya pada
masing - maisng unit baik yang dikirimkan e URJ, URI maupun yang datang sendiri
b) Untuk mengetahui jumlah pemeriksaan kategori sederhana, sedang dan canggih yang
merupakan data dasar pembuatan laporan RL 1
c) Sebagai arsip yang selalu disimpan pada masing - masing tempat yang melakukan kegiatan
pemeriksaan lab.
d. Tanggung jawab pelaksanaan
a) Kepala ruangan pemeriksaan lab pada masing - masing unit bertanggung jawab dalam
pengisian buku reg.
b) Petuas yang ditunjuk oleh kepala ruang pemeriksaan lab melaksanakan pengisian buku reg.
sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan
c) Buku pemeriksaan lab. disediakan oleh bidang perawatan sesuai dengan format yang telah
ditetapkan
e. Mekanisme pengisian
a) Pencatatan mulai dilakukan pada saat diterimanya spesimen untuk diperiksa
b) Buku reg. ini harus diisi dengan lengkap dan jelas sesuai dengan format yang tersedia
10. Buku Register Rujukan Dokter Ahli (Reg. 10)
1. Buku reg. ini dipakai untuk mencatat kegiatan rujukan dokter ahli dan asisten ahli senior, baik
untuk RS yang mengirim maupun bagi RS yang menerima dokter ahli
2. Buku reg. ini diisi pada bagian adm RS / Bagian pendidikan RS yang mengatur pengiriman dan
penerimaan kunjungan dokter ahli dalam rangka rujukan
3. Data yang dilaporkan pada buku reg ini digunakan untuk pengisian rujukan formulir RL 1
halaman 5
4. Jika suau RS terdapat kegiatan menerima dan megirim dokter ahli dalam rangka rujukan, maka
dapat digunakan buku reg yang terpisah untuk pengiriman dan penerimaan tersebut
11. Buku Register Kunjungan Rumah (Reg. 11)
1. Buku reg. ini dipakai pada unit yang melakukan kunjungan rumah seperti Unit Jiwa,
Rehabilitasi Medik, bayi sehat, IBu hamil dan nifas dan lain - lain jika ada
2. Buku reg. ini digunakan untuk mencatat pasien - pasien yang perlu dilakukan kunjungan rumah
3. Masing - masing unit yang melakukan egiatan kunjungan rumah melaporkan kegiatannya
setiap bulan ke bagian pelaporan RS
4. Unit pelaporan RS membuat rekapitulasi dari semua kegiatan kunjungan Formulir RL 1
Oke, sekian postingan mengenai pengolahan data, semoga bermanfaat untuk semuanya. jika ada yang ingin ditanyakan bisa di komen saja ya, sampai nanti pada postingan selanjutnya. Terimakasih telah berkunjung ke Blog saya. :-D
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMakasih
BalasHapusSangat bermanfaat 😊
Makasih sdh share
BalasHapus