Kamis, 03 Maret 2016

Pengertian dan Fungsi Sosial Rumah Sakit


Pengertian RS (Rumah Sakit)

    Rumah sakit adalah "Suatu organisasi yang melalui tenaga medis profesional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanan kedokteran, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosis serta pengobatan penyakit yang diderita oleh pasien" (AHA, Azwar, 1996)

    Permenkes No. 1045/Menkes/Per/XI/2006 tentang Pedoman Organisasi Rumah Sakit di Lingkungan Depkes "Rumah Sakit adalah suatu fasilitas pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan rawat inap dan rawat jalan yang memberikan pelayanan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang terdiri dari observasi, diagnostik, terapeutik dan rehabilitatif untuk orang - orang yang menderita sakit, cedera dan melahirkan. Sarana upaya kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan serta dapat dimanfaatkan untuk tenaga kesehatan dan penelitian"

Fungsi Sosial RS (Rumah Sakit)

Bahwa rumah sakit pemerintah harus melaksanakan fungsi sosialnya dengan menyediakan fasilitas untuk merawat penderita yang kurang mampu atau tidak mampu sekurang - kurangnya 75 persen dari kapasitas tempat tidur yang tersedia dan untuk rumah sakit swasta sekurang - kurangnya 25 persen dari kapasitas tempat tidur yang tersedia.

Fungsi Pelayanan
Ada 4 fungsi dari rumah sakit dalam memberikan pelayanan, yaitu :

1. Fungsi pelayanan pasien
2. Pelayanan komunitas berupa suatu kerjasama dengan pihak - pihak lain diluar rumah sakit yang
    biasanya berupa upaya - upaya preventif, promotif dan rehabilitatif
3. Pendidikan terutama bagi rumah sakit besar yang berfungsi sebagai tempat pendidikan dan
    penelitian
4. Pelayanan informasi

    Ke empat fungsi pelayanan pasien ini, merupakan fungsi dari sebuah rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan suatu penyembuhan / pemulihan dalam waktu yang diharapkan cepat dan tepat.


Sumber : Akasah, Modul : Pengelolaan Sistem Rekam medis I (PSRM), Politeknik Piksi Ganesha Bandung, 2008, Bandung

Oke, sekian postingan mengenai pengertian dan fungsi sosial rumah sakit, semoga bermanfaat untuk semuanya.  jika ada yang ingin ditanyakan bisa di komen saja ya, sampai nanti pada postingan selanjutnya. Terimakasih telah berkunjung ke Blog saya. :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar